KELOMPOK TANI KEMBANG RANCASARI BANDUNG

Kelompok Tani Kembang Rancasari Bandung adalah salah satu Kelompok tani yang menjadi binaan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Bandung .

Sekarang ini Kelompok Tani Kembang Rancasari tidak hanya beranggotakan dari kecamatan Rancasari saja. tapi telah memiliki anggota dari kecamatan Batu nunggal, Arcamanik, Cibiru, Bandung Wetan, Cidadap dan Bandung Kulon.

Konsep Kelompok Tani Kembang Rancasari adalah bagaimana ” memanfaatkan lahan yang sangat terbatas menjadi lahan yang memiliki nilai ekonomi”. Konsep ini muncul berdasarkan makin banyak lahan pertanian dan peternakan yang telah berubah dan beralih fungsi di Kota Bandung..

Kegiatan awal Kelompok Tani Kembang Rancasari Bandung adalah membudidayakan tanaman hias di pekarangan rumah. namun sekarang ini permintaan tanaman hias di Kota Bandung mengalami penurunan.

Menghadapi kendala ini Kelompok Tani Kembang Rancasari membuat sebuah kegiatan usaha bersama yaitu menetaskan telur bebek menjadi DOD (day old duck).mengunakan incubator/mesin tetas hasil rakitan sendiri.

Ide kegiatan penetasan ini muncul setelah melihat semakin menjamurnya warung tenda maupun rumah makan di Kota Bandung yang menjadikan olahan daging bebek menjadi menu utama. Sedangkan untuk kebutuhan daging dan telur bebek di Kota Bandung sekarang ini sebagian besar masih di datangkan dari luar Kota Bandung.

Tentunya kegiatan penetasan telur bebek ini menjadi salah satu peluang usaha yang menjanjikan. Dimana banyak peternak bebek petelur yang beralih menjadi peternak bebek pedaging. tentunya ini akan menaikan permintaan DOD (day old duck)

Menjadi tujuan Kelompok Tani Kembang Rancasari Bandung dimana ” Kota Bandung menjadi salah satu Kota di Jawa Barat yang menghasilkan DOD (day old duck) yang berkualitas.(johan)

Tentang Kembang Rancasari Bandung

Kelompok Tani Kembang Rancasari Bandung
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s